Twitter

Sponsors

Agar Mudik Lancar dan Aman

Posted by Hilyat Hasan - -

by Hilyat Hasan 
Tradisi tahunan menjelang lebaran memang sangat melekat dalam kehidupan bangsa Indonesia yang mayoritas muslim. Bahkan boleh dibilang tradisi mudik menjelang lebaran adalah tradisi unik karena hanya ada (ramai) di Indonesia. Sementara negeri-negeri muslim lainnya tidak memiliki tradisi ini.
Berbagai kisah dan pengalaman selama mudik menjadi sesuatu yang cukup menarik untuk dibicarakan karena kita bisa berbagi pengalaman atau sekedar mencari tips-tips yang ada agar kalau mudik lagi di kemudian hari, dapat dilakoni tanpa kesulitan selama di perjalanan.
Mudik dengan keluarga/anak-anak juga memerlukan persiapan agar selama di perjalanan anak-anak merasa nyaman, aman dan tentunya mereka tidak akan terlalu rewel. Berikut apa saja yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.
Secara umum , hal-hal seperti kendaraan yang dipakai untuk mudik, perbekalan baik uang, pakaian dan makanan perlu dipersiapkan dengan cermat.
1. Kalau kita mudik dengan kendaraan umum seperti bis atau kereta, pastikan bahwa barang-barang bawaan kita tidak terlalu banyak sehingga menyulitkan selama di perjalanan. Titipkan barang bawaan berupa tas besar berisi pakaian ataupun kardus kemasan di bagasi bis/kereta - biasanya dibagian belakang deretan kursi sehingga tidak mengganggu kenyamanan kita duduk manis di dalamnya. Sisihkan satu dua lembar pakaian anak-anak atau yang punya bayi dan balita untuk ganti mereka. Karena kadang-kadang pakaian anak-anak suka basah ketumpahan air minum atau muntahan mereka (untuk yang satu ini selalu sediakan kantong plastik didekat kita agar mudah dan cepat dijangkau). Eits jangan lupa popok bayi dan tisu basah buat yang punya bayi atau batita.
2. Perbekalan makanan. Jika anda orang yang suka hal yang praktis tentunya berfikir lebih gampang untuk beli di perjalanan. Tapi jika kita pergi bersama anak-anak, hal ini mesti dikesampingkan karena belum tentu di tempat kita singgah menemukan jenis makanan yang cocok untuk anak-anak. Lebih baik kita membawa perbekalan yang sudah disiapkan dari rumah seperti nasi dan lauk pauk kesukaan anak-anak yang dikemas praktis dalam wadah, roti dan biskuit. Jangan permen atau junkfood. Anak-anak biasanya rewel di perjalanan karena ia kurang nyaman. Bisa karena rasa lapar atau masuk angin. So jangan lupa bawa minyak telon atau kayu putih.
3. Hati-hati membawa uang dan memakai perhiasan. Saran saya pisahkan uang, ATM dsb. dalam dompet dan tas tangan sesuai kebutuhan agar aman sampai tujuan dan dapat dimanfaatkan sesuai keperluan. Sekalian untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, kita masih punya cadangan uang. Perhiasan usahakan tidak mencolok (dipakai semua seperti pajangan toko) atau disimpan ditempat yang aman dan terlindungi dari pandangan orang yang berniat jahat.
4. Mudik dengan kendaraan pribadi tentu lebih leluasa. Pastikan kendaraan yang akan kita pakai sudah siap untuk OTR. Cek semua oli, rem, ban dan mesin mobil juga cadangan air radiator. Bensin, ya I love you full....khan gak asyik kalau kehabisan bensin di jalan pas tempat sepi, malam hari lagi. Bisa mengundang!
5. Tata barang bawaan agar tidak merusak kenyamanan perjalanan, mis: terlalu banyak atau ditumpuk di dalam mobil sehingga bisa bikin anak-anak protes karena terganggu space mereka. Kalau bisa barang-barang bawaan tersebut diletakkan di carrybox di atas body mobil atau boleh juga disusun di dalam kabin dan ditutupi bed cover sehingga anak2 bisa tidur di atasnya. Jangan lupa untuk menyisihkan pakaian ganti anak2 seperti yang sudah ditulis di atas.
6.Membawa bayi dan batita memang ekstra repot. Oleh karena itu jangan lupa bawakan mereka mainan kecil dan juga perbekalan makanan seperti yang sudah saya sebut di atas plus susu dan dot mereka yang sudah diisi air hangat.
7. Sesekali berhentilah di perjalanan untuk beristirahat dan melemaskan otot-otot yang lelah dan tegang atau ketika mengantuk .
8. Bawa perlengkapan p3k berisi obat-obatan yang diperlukan.
9. Siapkan mental dan kesabaran selama di perjalanan karena bisa jadi kita mendapati hal-hal diluar perkiraan (mempersiapkan kemungkinan terburuk) seperti terjebak macet atau kendaraan yang dibawa bermasalah/rusak. Jika terjebak macet banyak cara untuk menghilangkan kejenuhan menunggu antrian kendaraan bergerak dengan membawa buku atau majalah untuk dibaca, menyetel lagu-lagu favorit, khusus yang bawa anak-anak kecil setelkan mereka lagu anak-anak kesukaan mereka. Bermain tebak-tebakan dengan anak-anak atau bila memungkinkan berhenti saja di suatu tempat sambil beristirahat. Kalau mobil atau kendaraan mendadak bermasalah carilah bengkel terdekat.
10. Terakhir, jangan lupa berdo'a sebelum berangkat dan selamat mudik!!!!
Nah semoga sedikit catatan di atas bermanfaat untuk kita semua terutama yang mau mudik. Bagi yang punya saran atau tips agar mudik lancar dan aman silahkan memberi komentar.